Berita

Sopo Godang Keturunan Raja Sigodang Ulu Sihotang Diresmikan

Ditulis tanggal 13 April 2015 | Oleh : | Kategori : Berita | 0 Komentar

Sopo Godang keturunan Raja Sigodang Ulu Sihotang berbiaya sekitar Rp 1,2 miliar di Desa Sampuran Toba, Kecamatan Harian Boho, Kabupaten Samosir pada Sabtu 11 April 2015 oleh Ketua Umum DPP Sihotang/Boru se-Indonesia dan luar negeri, Ir Parlindungan Sihotang.

Sopo Godang Raja Sigodang Ulu Sihotang diresmikan 11 April 2015

Sopo Godang Raja Sigodang Ulu Sihotang diresmikan 11 April 2015

Acara ditandai dengan pengguntingan pita dan pembukaan pintu oleh Ketua DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Ir MP Sihotang didampingi Sekjen DPP DR dr A Sihotang SS MHum, Pengurus Wilayah Pomparan Raja Sigodang Ulu Sihotang se-dunia serta Simanjuntak selaku boru.

Sekjen Sihotang/Boru se-Indonesia dan luar negeri Artinius Sihotang mengatakan, pada hakikatnya sopo godang ini berdiri berkat spontanitas keturunan Sihotang/Boru. Tujuannya, sebagai wadah reunifikasi bagi keturunan Raja Sihotang/Boru.

Dijelaskan, Raja Sihotang anak kedua dari Siraja Oloan memiliki 7 putra dan 1 orang putri. anak perempuan dari Sihotang ini menikah dengan marga Simanjuntak Sitolu Sada ina.”Simanjuntak yang selalu hormat kepada tulangnya (paman) Sihotang, sebagai simbol cinta kasih. Kami memberikan tanah (ulos Soburuk/ tanah yang tidak bisa lagi digugat di kemudian hari),”kata Artinius.

Dia menambahkan, kepada hula-hula juga diberi (jambar) penghargaan berupa gajah Toba (kerbau).
Sebaliknya, pihak hula-hula memberikan ulos kepada keturunan Sihotang/Boru antara lain Sipardapuan, Sorga Ni Musu, Sitorban Dolok, Sirandos, Simarsoit, Siraja Tunggal, Orang Kaya Tua dan putrinya Sihosibon yang menikah dengan Siraja Marsudung dan melahirkan Mardaup, Sitompuk, Hutabulu dan satu putrinya Sihosibon yang menikah dengan Sirait Namorajabi. Luas gedung sopo godang 400 m2, dua lantai dan memiliki tiga fasilitas kamar. Ketua Panitia pesta peresmian sopo godang, Ridwan Sihotang menambahkan, dengan adanya gedung ini, ke depannya keturunan (pomparan ni raja Siodangulu Sihotang) dapat meningkatkan kebersamaan.

Peresmian gedung tersebut berlangsung meriah yang diisi berbagai acara seperti “panortoron” (tarian Batak) sesuai dengan tradisi Batak diiringi gondang sabangunan yang membuat ribuan Pomparan Raja Sigodang Ulu Sihotang, baik dari perantauan dan bona pasogit manortor bersama.

Dalam acara itu turut hadir Wakil Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM, Wakil Ketua DPRD Jonner Simbolon, utusan dari berbagai daerah seperti Tobasa, Tapanuli Utara, Siantar Simalungun dan berbagai provinsi seperti Sumatera Barat, Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali serta dari belahan California Amerika.

Wakil Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM dalam sambutannya mengatakan, sangat salut dan bangga atas adanya perhatian para perantau mendorong program pembangunan di bona pasogit yang bertujuan membangun kampung halaman atau marsipature hutana be, sehingga bermuara meningkatkan SDM (sumber daya masyarakat) yang nantinya meningkatkan rasa persatuan dan tingkat perekonomian di tengah-tengah masyarakat, khususnya bagi keturunan Pomparan Raja Sigodang Ulu Sihotang.

Sumber : Harian Andalas dan Harian SIB


Beri Komentar